Minggu, 28 Juli 2019

BUSINESS CENTER SMK AL INSANI CICALENGKA

A. Latar Belakang
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta Alam penguasa langit dan bumi, salawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya yang senantiasa setia sampai akhir zaman.
Peningkatan serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memacu kita untuk selalu mempersiapkan diri dengan seperlunya serta mengikuti setiap perkembangan yang terjadi. Sekolah merupakan salah satu pelaksana pendidikan dalam mencetak sumber daya manusia yang handal dalam menghadapi tantangan global di masa yang akan datang, sehingga diperlukan pembekalan dan keterampilan yang memadai dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia.
SMK Al Insani Cicalengka sudah memiliki Business Center, namun karena keterbatasan sarana dan prasarana, kesiapan SDM dan barunya penyusunan manejemen. Maka Program Kerja Business Center secara garis besarnya adalah sebagai berikut : Menata, mendata, menservis, melayani, memproduksi semua bidang yang terkait dalam Business Center, hal ini keterkaitan dengan jurusan yang ada di SMK Al Insani Cicalengka di tambah dengan kebutuhan yang ada, yaitu Bidang Pelayanan Tata Busana
Rincian kegiatan masing – masing bidang ada dalam isi program kerja.
Business Center SMK Al Insani Cicalengka adalah salah satu unit usaha sekolah yang dibuat dalam rangka melatih kemampuan berwiraswasta sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam menunjang aktivitas belajar mengajar khususnya Pelajaran Kewirausahaan dan memberikan nilai tambah ekonomis bagi warga SMK Al Insani Cicalengka pada khususnya. Business Center tersebut akan dikelola dengan menganut prinsip – prinsip Manajemen Bisnis serta Meningkatkan peran sekolah dalam wujud pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa.

B. Tujuan
1. Sebagai Acuan Pelaksanaan Kegiatan Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Business Center.
2. Sebagai Gambaran Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Business Center.
3. Sebagai Alat Perencanaan Managemen Bisnis  bagi Seluruh Komponen Pendidikan pada Khususnya dan Masyarakat pada umumnya.

C. Manfaat Business Center
1. Sebagai Tempat Pendidikan dan Pelatihan Siswa dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Keterampilan  sesuai dengan Program Keahliannya masins-masing.
2.  Untuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan tambahan kepada siswa, agar siswa lebih siap dalam menghadapi Dunia Usaha / Industri.
3. Untuk Meningkatkan Kemampuan, Kualitas, Produktivitas, Profesionalisme dan Aktifitas Psikomotorik/Skill Siswa dalam menghadapi Dunis Usaha / Industri.
4.  Sebagai Tempat Pendidikan dan Pembelajaran bagi Siswa dan Seluruh Komponen Pendidikan dalam Mengelola Usaha / Bisnis.
5. Sebagai Pusat Kegiatan Usaha / Bisnis dengan tujuan Profit Oriented sehingga dapat meningkatkan Kesejahteraan Guru dan Karyawan.
6.  Wadah bentuk kerja sama sekolah dengan masyarakat Dunia Usaha / Industri dan masyarakat pengguna jasa.
7.  Bernilai ekonomis, bagi kelengkapan pasilitas praktek.
8.  Meningkatkan peran sekolah dalam wujud pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa.
9.  Meningkatkan kualitas ketrampilan Guru dan Siswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar